Segera Bangun Kantor Bersama DKPP, KPU dan Bawaslu

November 20, 2012 No Comments »
Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimmly Asshidiqqie mengharapkan pembangunan “Graha Demokrasi” dapat segera terealisasi sebelum Pemilihan Umum (Pemilu) 2014 digelar. Dengan demikian, koordinasi tiga lembaga terkait kepemiluan di Indonesia akan semakin baik.
Menurut Jimly, Graha Demokrasi direncanakan akan menjadi kantor pusat bersama bagi Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawasalu) dan DKPP. “Tanahnya juga sudah ada dan pembangunannya juga sudah disepakati dengan pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Jadi mudah-mudahan sebelum 2014 sudah ada gedung bersama,” ujarnya di Jakarta, Sabtu Sabtu (17/11).

Sebagaimana diketahui, saat ini Bawaslu dan DKPP menempati gedung yang sama milik Sekretariat Negara di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Sementara gedung KPU di Jalan Imam Bonjol, Menteng, masuk sebagai bangunan cagar budaya, sehingga sangat sulit untuk dikembangkan menjadi gedung bersama. Rencananya, Graha Demokrasi akan di bangun di Jalan MT Haryono.

Selain Graha Demokrasi, DKPP juga masih memiliki tugas lain yang tak kalah penting untuk segera direalisasikan. “Kita juga akan buat elektoral manajemen,” katanya.

Upaya tersebut diharapkan akan melahirkan Sistem Manajemen Terpadu bagi DKPP, KPU dan Bawaslu. “Jadi kami juga punya tanggung jawab untuk ini. Makanya harus dipahami, di luar permasalahan yang saat ini tengah mengemuka, sebenarnya ada hal-hal lain yang harus segera dibicarakan oleh ketiga lembaga yang ada,” katanya.(gir/jpnn)

Leave A Response