KPU KEPAHIANG RAKOR DENGAN PPK/PPS PENYUSUNAN DPTb dan DPK PEMILU 2019

Januari 30, 2019 No Comments »
KPU KEPAHIANG RAKOR DENGAN PPK/PPS PENYUSUNAN DPTb dan DPK PEMILU 2019

kpukepahiangkab.go.id – KPU Kabupaten Kepahiang bersama PPK dan PPS Se-Kabupaten menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) Rabu 30/01/2019 di Aula KPU Kepahiang.

Kegiatan Rakor ini merupakan hari kedua yang dijadwalkan KPU Kepahiang untuk PPS Kecamatan Muara Kemumu Bermani Ilir dan Kabawetan, Tebat Karai. sedang Rakor dengan PPK sudah dilaksanakan kemarin  red (29/01/2019), dan besok Kamis (31/01/2019) untuk PPS Kecamatan Kepahiang, Seberang Musi dan Ujan Mas, Merigi.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua KPU Kepahiang Mirzan Panoto Hidayat S.Sos., beserta Komisioner, Mirzan meminta kepada peserta rakor untuk sama sama  terus menjaga kualitas daftar pemilih dan memastikan masyarakat sudah terdaftar sebagai pemilih. Kita harus memastikan masyarakat di Kabupaten Kepahiang hak pilihnya sudah terpenuhi, soal pindah memilih atau Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Pendataan Pemilih DPK itu harus gencar disosialisikan, bagaimana Prosedur Pindah Memilih yang harus dilakukan dan melakukan pendataan Pemilih DPK, bagaimana prosedurnya DPK untuk menjadi DPT yang harus mereka ketahui,” ucap Mirzan.

Adapun Prosedur pindah memilih, nantinya pemilih yang akan pindah memilih datang ke PPS atau KPU Kabupaten/Kota setempat dengan membawa e-KTP. Setelah itu, pemilih akan mendapatkan formulir A5 sebagai bukti yang bersangkutan telah pindah memilih. “Usai diberikan formulir tersebut maka pemilih masuk ke dalam DPTb dan batas akhir pengurusan pindah memilih adalah 30 hari sebelum hari pemungutan suara” singkat Mirzan. Sebagaimana dalam Regulasi yang ada, beberapa macam pemilih DPTb antara lain, menjalankan tugas saat pemungutan suara, menjalani rawat inap di rumah sakit atau keluarga yang mendampingi, penyandang disabilitas yang menjalani perawatan di panti sosial, menjalani rehabilitasi narkoba, tahanan, siswa atau mahasiswa yang jauh dari rumah, pindah domisili, korban bencana, bekerja di luar domisilinya.

sementara itu Mirzan juga menghimbau kepada PPK/PPS untuk harus tetap menjaga integritas dan bekerja sesuai dengan regulasi yang ada untuk menghindari masalah. “Sehubungan dengan Relwan Demokrasi (Relasi) Pemilu 2019 KPU Kabupaten Kepahiang sudah terbentuk Kalian juga harus membantu Relasi dalam sosialisasi Pemilu, ”, singkat Mirzan (zr)

Leave A Response