KPU Kembalikan Berkas 2 Parpol

November 30, 2017 No Comments »
KPU Kembalikan Berkas 2 Parpol

//2 Parpol Pasca Putusan Bawaslu

kpu-kepahiangkab.go.id – Berkas 2 Partai Politik (Parpol) Calon Peserta Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019, yang pendaftarannya kembali diterima KPU pasca putusan Bawaslu RI yakni Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), berkas dokumen persyaratan keanggotaannya dikembalikan  lagi kemasing-masing Parpol untuk dilakukan perbaikan. Ini setalah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten  Kepahiang melakukan penelitihan administrasi dokumen keanggotaan, ditemukan masih ada dokumen yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Dikatakan Kasubag Hukum KPU Kepahiang Rudi Chandra, Pengembalian berkas dokumen persyaratan Keanggotaan 2 Parpol tersebut, untuk kemudian dilakukan perbaikan oleh masing-masing Pengurus Parpol yang bersangkutan. dengan batas waktu perbaikan dari tanggal 2/12 sampai dengan 15/22.

”Hari ini (Kamis 30/11), berdasarkan  Keputusan KPU 205/2017 Tentang Tata Cara Pendaftaran dan Pemeriksaan Dokumen Persyaratan Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Pasca Keputusan Bawaslu RI, kami –KPU,red–akan menyampaikan kembali berkas dokumen keanggotaan 2 Parpol masing-masing PBB dan PKPI, untuk dilakukan perbaikan”,Ujar Rudi

Ini ditegaskannya, dikarenakan masih terdapat kekeliruan dalam dokumen yang telah disampaikan ke KPU oleh masing-masing Parpol, dijelaskannya kekelirun tersebut menyangkut, adanya kegandaan anggota Parpol dengan Parpol lain, salah penulisan  dalam formulir model F 2 Parpol, dan ketidak cocokan antar Kartu Tanda Anggota (KTA), Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dengan daftar nama yang ada dalam F 2 Parpol.

“Kami berikan waktu selama 14 hari dari tanggal 2 sampai dengan 15 Desember 2017 untuk ke 2 Parpol ini guna melakukan perbaikan terhadap kekurangan yang telah kami sampaikan tadi”, Jelasnya.

Adapun kekurangan yang disampaikan kemasing-masing Parpol itu dijelaskan Rudi, PBB dari syarat minimial keanggotaan 1000 atau 1/1000 dari jumlah Penduduk Kabupaten Kepahiang PBB menyerahkan dokumen keanggotaan 190 KTP dan KTA berdasarkan input data pada Sisten Informasi Partai Politik (Parpol) yang dinyatakan memenuhi syarat (MS) sebanyak 88 dan 102 dinyatakan BMS, sedangkan PKPI dari 154 KTA dan KTP, 113 dimyatakan MS dan sisanya 41 BMS.

Masih dikatakan Rudi, khusus di KPU Kabupaten Kepahiang, dari 9 Parpol yang direkomendasikan Bawaslu RI untuk kembali diterima pendaftarannya oleh KU  hanya ada 2 Parpol yang menyerahkan dokumen keanggotaannya ke KPU Kepahiang. (humas)

Leave A Response